perangkat keras

By nikilauda2810

Agustus 21, 2008

Category: Uncategorized

2 Comments »

Internet merupakan sebuah jaringan computer yang sangat besar. Perangkat ini terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang dioperasikan oleh berbagai perusahaan, lembaga, atau komunitas, termasuk computer-komputer pribadi. Jaringan yang terdiri dari sejumlah computer ini saling terhubung satu sama lain dan menjangkau seluruh dunia. Oleh karena itu, internet dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Internet yang kita akses dari computer-komputer di laboratorium, computer sekolah atau dari computer rumah juga sama dengan Internet yang diakses dari perkantoran, karena semua terhubung menjadi satu kesatuan jaringan. Perbedaan dalam mengakses internet hanya disebabkan topic atau informasi yang diakses.

1.Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan System Dial Up.

Untuk menghubungkan computer pribadi dengan jaringan Internet, secara sederhana kita dapat memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di sekolah atau di rumah. Cara ini sering disebut dengan istilah koneksi Internet system Dial Up.

Secara umum, untuk menghubungkan diri dengan Internet kita memerlukan komponen koneksi berikut.

a.Seperangkat computer. Kita perlu mempersiapkan seperangkat computer yang terdiri dari monitor, system unit CPU, dan perngkat periferal seperti keyboard dan mouse, serta kartu jaringan (Network Interface Card). Kartu jaringan yang sering digunakan adalah jenis Ethernet. Kartu jaringan ini menyediakan port untuk kabel yang akan terhubungkan ke modem.

b.Modem {modulator Demodulator}. Pada saat kita mengirimkan data atau informasi lewat internet, modem berfungsi untuk menerjemahkan data atau informasi dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog agar sinyal dapat dikirimkan melalui kabel telepon analog. Sedangkan pada saat kita menerima data atau informasi dari Internet, modem berfungsi untuk memisahkandata dari sinyal kabel telepon dan menerjemahkan data atau informasi sinyal analog menjadi sinyal digital.

Dengan mekanisme ini, modem membuat computer kita dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan computer atau jaringan lain yang sudah terhubung ke Internet.

Kecepatan modem dalam melakukan transfer data dan informasi diukur dengan satuan bit per detik (bit per second = bps). Saat ini, modem yang dijual di toko-toko computer umumnya memiliki kecepatan transfer berkisar 56 kbps.

Modem yang dijual di toko-toko computer juga dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah perangkat modem yang dipasang menjadi satu kesatuan dengan motherboard pada system unit CPU. Harga modem internal relative lebih murah, tetapi tidak fleksibel untuk penggunaan bersama, karena harus bongkar pasang kartu modem yang terpasang pada motherboard. Sedangkan modem eksternal merupakan perangkat modem yang terpisah dengan sistem unit CPU dan dihubungkan dengan computer lewat kabel atau frekuensi,. Modem jenis ini dapat dipindahkan dari satu computer ke komputerlain dengan mudah, tetapi harganya relative lebih tinggi.

c.Public Switched Telephone Network (PSTN) merupakan jaringan telepon dari perusahaan jasa telekomunikasi yang ada di sekolah atau di rumah. Melalui kabel telepon yang terhubung ke modem, maka kalian dapat mengirimkan data dan informasi seperti kalau kita menelepon seseorang.

d.Internet Service Provider (ISP) merupakan penyedia layanan akses internet. Untuk dapat terhubung ke internet, kita harus mendaftarkan diri menjadi pelanggan sebuah ISP, sepertiIndosatnet, Indonet, Telkomnet, dan lain sebagainya.

Pada saat mendaftarkan diri ke ISP terdekat di kota kita, maka kita akan mendapatkan sebuah username dan password yang akan kita gunakan setiap kali mengakses internet.

Adapun perangkat yang digunakan oleh ISP untuk menghubungkan ke Intenet terdiri dari modem, firewall, dan router.

1)Modem yang digunakan sama fungsi dan proses kerjanya dengan modem yang kita miliki.

2)Firewallmerupakan perangkat yang berisi sekumpulan program yang digunakan untuk menyaring virus atau mencegah terjadinya akses dari kita yang belum mendaftar ke ISP tersebut.

3)Router merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang satu dengan jaringan yang lain dan mencarikan rute yang akan dilewati oleh data atau informasi yang dikirim dari jaringan yang satu menuju ke jaringan yang lain.

2.Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Leased Line

Selain menggunakan cara dial up, kita dapat menghubungkan diri ke ISP dengan menggunakan leased line.Perbedaannya pada fungsi kabel telepon yang hanya digunakan secara khusus untuk hubungan ke ISP, sehingga kabel itu tidak dapat digunakan untuk keperluan telepon atau mengirimkan pesan lewat mesin faksimili. Untuk mendapatkan layanan leased line, kitaharus mendaftarkan diri ke perusahaan telekomunikasi setempat.

Hubungan dengan menggunakan cara leased line dikelompokkan sebagai hubungan yang tetap, karena kita dapat terhubung ke ISP yang memberikan akses Internet 24 jam sehari. Kecepatan akses Internet dengan cara leased line ini dapat diatur mulai dari 32 kbps, 64kbps, 128 kbps, dan seterusnya. Semakin besar kecepatan aksesnya, biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

3.Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem Nirkabel

Koneksi ke ISP yang memberikan layanan akses Internet dapat dilakukan melalui teknologi nirkabel. Teknologi ini diciptakan untuk mengatasi kerumitan lalu lintas kabelyang sangat padat atau daerah-daerah tertentu yang sangat sulit untuk dipasangi kabel. Dengan teknologi nirkabel ini, juga dapat mengatasi kesulitan yang dialami perusahan telekomunikasi dalam menyediakan system leased line, karena jumlahnya sangat terbatas.

Teknologi nirkabel pada umumnya menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data dan informasinya. Gelombang yang umum digunakan di Indonesia berada pada frekuensi 2,4 GHz dan 5,6 GHz.

Perangkat modem yang digunakan berbeda dengan modem dial up atau leased line meskipun fungsinya sama. Modem nirkabel berperan sebagai perangkat keras internal yang dipasang pada computer kita. Sedangkan menara pemancar berada di halaman sebagai perangkat keras eksternalyang berfungsi untuk memancarkan gelombang data dan informasi.

Sementara itu, bila perangkat-perangkat keras tersebut telah tersedia, kalian harus menyediakan perangkat lunak yang akan digunakan untuk melakukan akses ke Internet. Adapun perangkat lunak yang diperlukan meliputi system operasi dan browser.

a.Sisem operasi yang dimaksud disini adalah berfungsi untuk mengoperasikan computer yang kita miliki. System operasi yang umum digunakan adalah Windows dan Linux.

b.Browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk memasuki dan mengakses internet. Browser yang umum digunakan adalah Netscape Communicator, Internet Explorer (khusus di Windows), Opera, dan Firefox.

4.Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet dengan Sistem Telepon Seluler.

Bagi kita yang memiliki telepon seluler (ponsel) dapat juga memanfaatkannya sebagai media untuk mengakses Internet. Ponsel dengan fasilita General Packet Radio Service (GPRS) dan SIM Card yang menyediakan jasa layanan GPRS dapat menghubungkan computer kita dengan Internet dengan kecepatan antara 20-30 kbps.

Computer yang digunakan pada umumnya berupa notebook (computer jinjing) yang menyediakan port data yang dapat disambungkan ke ponsel. Port data pada computer tentu saja harus disesuaikan juga dengan port data pada ponsel yang dapat berupa kabel data, sinar inframerah, atau Bluetooth.

Untuk koneksi ke Internet lewat ponsel, perangkat ponsel tersebut berfungsi sebagai modem. Sinyal dari ponsel tersebut selanjutnya akan diterima oleh perangkat Gateway yang dimiliki oleh ISP. Perangkat Gateway tersebut berfungsi untuk menjembatani sinyal pada jaringan ponsel ke jaringan Internet.

Koneksi ke Internet lewat ponselini dapat diakukan di mana saja, sejauh ponsel tersebut dapat diaktifkan dan dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal ke operatorponsel yang bertindak sebagai ISP. Kadang-kadang hal itu sulit dilakukan, karena belum adanya standar dalam pengaktifan fasilitas GPRS dari beragam ponsel.

5.Perangkat Keras untuk Mengakses Internet dengan Sistem yang lain

Masih banyak ragam peralatan lain yang dikembangkan oleh para ahli untuk menhubungkan computer yang kita miliki ke ISP. Peralatan itu antara lain Wireless Fidelity dan Jaringan TV Kabel.

a.Wireless Fidelity (WiFi) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz, dengan kecepatan akses sampai 11 Mbps. Untuk memanfaatkan system WiFi ini, maka computer jinjing kita harus dilengkapi dengan teknologi Mobile Centrino.

b.Jarinagan TV Kabel juga menyediakan layanan akses computer ke Internet. Penggunaan jaringan tv kabel lebih menguntungkan, karena tidak terganggu dengtv an penggunaan telepon. Selain itu, satu paket berlangganan Internet lewat jaringa tv kabel sudah termasuk siarantv kabel, sehingga tepat untuk berkomunikasi keluarga-keluarga rumah tangga.

PERANGKAT KERAS UNTUK MENGAKSES INTERNET

komponen hardware yang dibutuhkan berupa:

1. processor minimal pentium III 500 Mhz

2. RAM 64 MB

3. soundcard dan multimedia

4. CD-ROM / CD-ROM Drive

5. harddisk minimal 10 GB

6. monitor SVGA

7. printer Desk Jet


jika memungkinkan hardware yang digunanakan memiliki spesifikasi high-end, seperti:

1. pentium 4 (3 GHz)

2. RAM 512 MB

3. harddisk 60 GB

4. CD-RW

5. VGA card 256 MB

6. Monitor Samsung Synmaster 1200NF Liqui Crystal Display (LCD)

7. UPS


MODEM (Modulator Demodulator) merupakan perangkat untuk memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik sehingga dapat dikirim melalui udara. Modem ada 2 macam, yaitu eksternal dan internal. Modem eksternal berada di luar CPU sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan. Modem internal adalah modem yang berada di dalam CPU, bentuknya seperti kartu yang ditancapkan pada slot AGP atau slot PCI.


HUB atau SWITCHING berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih. Hub hanya dibutuhkan jika kita menggunakan kabel koaksial maka hub atau switching tidak diperlukan.


REPEATER diperlukan untuk menjaga agar proses support berjalanstabil dan tidak mengalami degradasi dalam jarak tertentu. Dengan pemasangan repeater maka sinyal sinyal dapat ditangkap sesuai dengan keinginan.


BRIDGE adalah alat yang bertugas untuk mengirimkan paket-paket data. Mempunyai kemampuan yang lebih baik dibendingkan hub atau switching karen bridge mampu membagi traffic ke sekmen-sekmen dengan sistem filtering traffic.


ROUTER digunakan untuk menghubungkan user-user LAN dengan koneksi internet, yang memiliki fungsi untuk routing atau memilih rute yang terbaik dalam jaringan.

Istilah-istilah:

* attachment = lampiran

* bandwidth = lebar pita

* broadband = pita lebar, jalur lebar

* browser = peramban, penjelajah

* bulletin board = papan buletin

* chat = obrol, obrolan, rumpi

* crash = bertabrakan (biasa untuk perangkat lunak/keras bermasalah)

* connection = sambungan

* copy = salin, kopi

* cut = potong

* cyberspace = dunia maya

* database = pangkalan data, basis data

* delete/del = hapus

* domain = ranah

* download = ambil data, unduh, muat turun

* edit = sunting, ubah

* e-mail = imel, ratel / surel (surat elektronik), posel (pos elektronik), surat-e

* forward/fwd (e-mail) = terusan

* homepage = laman

* hosting = hosting

* install = instalasi

2 Responses to “perangkat keras”

  1. […] Original post by nikilauda2810 […]

  2. ..] Thank you for reading this post. You can now Leave A Comment (0) or Leave A ..]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: